Kamis, 07 Juni 2012

Cara mengetahui versi port USB komputer/laptop kita

USB walau sepele namun kadang menjebak kita. Banyak peralatan-peralatan yang terhubung dengan komputer kita lewat port USB. Bahkan keluaran-keluaran terbaru hanya akan bekerja jika ditanjapkan pada PORT USB 2.0.
Karena mungkin kurang kumplit dalam menginstal driver komputer kita menjadikan port USB kita hanya bekerja pada USB 1.0 atau bahkan karena komputer kita memang belum USB 2.0 ready (mungkin komputer peninggalan sejara lama).
Memang kalau kita mau membeli peralatan dengan interface USB 2.0 kita harus meyakinkan apakah komputer kita sudah siap USB 2.0. Sebenarnya cara mengetahuinya sangatlah mudah.
Caranya:
Untuk mengetahui apakan port usb kita termasuk Hi-Speed (USB 2.0) atau tidak. Klik kanan pada “My Computer” pilih Properties” (atau adri control panel pilih “System”), kemudian pilihlah tab “Hardware”. Di tab ini pilih “Device manager”
Jika di atas ada yang menunjukan “Enhanced” USB Host Controller, anda bisa lega karena kamu memiliki USB 2.0, namun jika tidak maka anda hanya memiliki port usb yang lebih lambat yakni USB 1.0 atau 1.1.
Jika anda belum melihat port USB anda 2.0 periksa lagi manul mobo-nya, jika memang ternyata hanya suport 1.0 atau 1.1 berarti memang komputer anda tak suport usb 2.0.
Ada salah satu cara bisa anda gunakan jika komputer anda tak dilengkapi USB 2.0. Anda bisa membeli Card PCI to USB 2.0, sehingga anda bisa memasang dam memiliki USB 2.0.

Lihat juga perbedaan USB versi 1.0, 2.0 dan fireware

sumber :
Achmad Mukahar, S.Kom
Guru Produktif TKJ SMK Komputama Majenang

1 komentar:

Unknown mengatakan...

gan kalo "SIS PCI to USB Enhanced Host Cotroller" gimana itu udah 2.0 belum?? hhehehe